B A P P E R I D A

Kabupaten Sragen

Rapat Koordinasi Virtual Dalam Rangka Percepatan Intervensi P3KE

Bertempat di Ruang Sragen Command Center pada hari Jum'at, 5 Mei 2023, Bapperida bersama stakeholder yang tergabung dalam Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Sragen mengadakan pertemuan zoom meeting yang diselenggarakan Pemprov Jawa Tengah dalam rangka percepatan pendataan dan intervensi penghapusan kemiskinan ekstrim di Jawa Tengah, khususnya pada 923 Desa di 17 Kabupaten prioritas.

Upaya penanganan pengentasan kemiskinan ekstrem, sudah tidak lagi menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Melalui surat Keputusan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Nomor 30 Tahun 2022, pemerintah kini memakai data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE), dalam melakukan intervensi program percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Intervensi P3KE membutuhkan keterpaduan lintas sektor, yaitu :
1. Dinas Sosial mengkoordinasikan penyediaan data kebutuhan pelayanan dasar P3KE, dan melaporkan progres verval data;
2. OPD Teknis mengkordinasikan laporan intervensi P3KE sesuai dengan bidangnya;
3. OPD Provinsi Jawa Tengah lainnya/pihak lain yang akan melakukan kegiatan intervensi terhadap P3KE agar berkoordinasi terlebih dahulu dengan OPD teknis yang membidangi selanjutnya melaporkan hasilnya kepada OPD Teknis tersebut;

Dalam pertemuan tersebut juga disampaikan tentang Matriks Intervensi Penanganan Kemiskinan Ekstrem (PKE) yang memuat antara lain Kondisi Existing, jumlah P3KE yang diintervensi, anggaran dan sumbernya dan sisa belum diintervensi. 

ISI SURVEY