B A P P E R I D A

Kabupaten Sragen

FGD Penyusunan Governance dan Sanitation Index Kabupaten Sragen Tahun 2023

USAID Indonesia Urban Resilient Water, Sanitation, and Hygiene (USAID IUWASH Tangguh) adalah Kegiatan lima tahun untuk memajukan tujuan pembangunan Indonesia dalam meningkatkan akses ke air minum, sanitasi dan higiene (WASH) yang dikelola dengan aman di daerah perkotaan yang rentan dan memperkuat ketahanan iklim layanan air minum dan sanitasi dan pengelolaan sumber daya air. Dalam kemitraan yang erat dengan Pemerintah Indonesia, USAID IUWASH Tangguh mendukung upaya Indonesia untuk mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) untuk memastikan akses ke air dan sanitasi untuk semua (SDG 6) dan untuk membuat kota dan pemukiman inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan (SDG 11).

USAID IUWASH Tangguh mengembangkan beberapa alat bantu untuk mengukur keberhasilan program yang sedang berjalan sekaligus sebagai alat untuk melakukan evaluasi yang memudahkan program USAID IUWASH Tangguh untuk melakukan penyesuaian optimal dan berkelanjutan. Salah satu alat ukur yang dikembangkan oleh USAID IUWASH Tangguh adalah Governance Index dan Sanitation Index. Governance Index merupakan alat ukur pencapaian program dan kinerja pemerintahan daerah yang mencakup beberapa indikator yang mencerminkan ukuran pemerintah daerah dalam melaksanakan pemerintahan daerah pada pelayanan Air Minum, Sanitasi dan Pengelolaan Sumber Daya Air. Sedangkan Sanitation Index merupakan alat ukur pencapaian program dan kinerja pemerintahan daerah yang mencakup beberapa indikator yang mencerminkan ukuran pemerintah daerah dalam pelaksanaan pelayanan bidang sanitasi.

Untuk mengetahui progres pendampingan program USAID IUWASH Tangguh di Kabupaten Sragen pada tahun 2023 maka akan dilakukan pengisian form Governance Index dan Sanitation Index. Oleh karena itu, USAID IUWASH Tangguh bekerja sama dengan Bappeda Kabupaten Sragen mengadakan kegiatan FGD Penyusunan Governance dan Sanitation Index Kabupaten Sragen Tahun 2023. FGD ini bertujuan untuk melakukan penyusunan Governance Index dan Sanitation Index Kabupaten Sragen Tahun 2023 adalah :
• Memberikan pemahaman mengenai hasil APBD Increase Tool Kabupaten Sragen Tahun 2023.
• Memberikan pemahaman mengenai hasil Governance dan Sanitation Index Kabupaten Sragen Tahun 2022.
• Melakukan penyusunan Governance dan Sanitation Index Kabupaten Sragen Tahun 2023.

Dari FGD Penyusunan Governance dan Sanitation Index Kabupaten Sragen Tahun 2023 diharapkan peserta memahami mengenai APBD Increase Tool Kabupaten Sragen Tahun 2023, peserta memahami mengenai hasil Governance dan Sanitation Index Kabupaten Sragen Tahun 2022 dan tersusunnya dokumen Governance dan Sanitation Index Kabupaten Sragen Tahun 2023.

ISI SURVEY