B A P P E R I D A

Kabupaten Sragen

Verifikasi Komitmen Pemerintah Daerah dalam Pelaksanaan Program USAID SELARAS

Pada Rabu, (28/3/2024), Pemerintah Kabupaten Sragen menerima kunjungan tim dari Kemendagri, Kemen PPN/Bappenas, dan USAID yang membawa program USAID SELARAS. USAID SELARAS adalah program kerjasama antara Pemerintah Amerika Serikat dan Pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk mendukung percepatan pengelolaan persampahan yang terpadu dari hulu ke hilir, serta berwawasan lingkungan dan berkelanjutan baik di tingkat pemerintah daerah maupun masyarakat.
Saat ini, terdapat 19 Kab./Kota di seluruh Indonesia yang lolos pada tahap verifikasi lapangan, dimana nantinya hanya akan terpilih 16 kab./kota saja yang akan terpilih menjadi lokasi Dampingan USAID SELARAS, Kabupaten Sragen menjadi salah satu diantaranya. Kegiatan USAID SELARAS ini, akan berlangsung selama 5 Tahun ke depan yaitu Tahun 2024 - 2028.
Dan saat ini Pemerintah Kabupaten Sragen telah selama 2 tahun berturut-turut (2022 dan 2023) mendapatkan penghargaan Adipura, sehingga diharapkan nantinya dengan adanya pendampingan dari Program USAID SELARAS dapat memperkuat kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah dan target Nasional terkait Pengelolaan Sampah pun dapat tercapai.

ISI SURVEY